Pages

Minggu, 18 Juli 2010

Laporan Kegiatan

PELATIHAN PENULISAN SKRIPSI

RUANG TEATER LANTAI 6 SENIN-SELASA, 12-13 JULI 2010

Pelatihan penulisan skripsi adalah salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Pembina Mahasiswa dan Alumni (DPMA) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. DPMA sebagai penyelenggara kegiatan mengajak kerjasama dengan klub studi yang ada di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum yakni Law Student Community (LSC), Forum Studi Perempuan (FSP), dan Forum Insan Perdata (FIPER). Maka dibentuk kepanitiaan yang terdiri dari unsur-unsur di atas sebagai pelaksana yang dibawah bimbingan Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Ketua DPMA.

Dua pekan sebelum kegiatan berlangsung, kami sudah melakukan publikasi kegiatan berupa pamflet dan spanduk ukuran 3x4 meter di lingkungan fakultas. Kami berusaha menjaring peserta sebanyak-banyaknya namun akan melakukan seleksi terhadap peserta yang mendaftar dikarenakan kuota yang tersedia hanya sedikit.

Pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui Bu Rosdiana di ruang dekan lantai 2 dan Rafika melalui sms. Antusias mahasiswa sangat baik walaupun kegiatan ini dilaksanakan saat awal liburan semester genap berlangsung. Hingga menjelang pelaksanaan kegiatan telah masuk pendaftar sejumlah 155 orang. Sungguh jumlah yang fantastis untuk sebuah pelatihan.

Awalnya kami bingung dengan jumlah peserta yang banyak. Idealnya untuk sebuah pelatihan maksimal 30-40 orang. Bila peserta terlalu banyak berakibat ketidakefektifaan akan terjadi. Konsep pelatihan akan berubah menjadi stadium general. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan awal kami untuk mengadakan pelatihan. Oleh karena itu, dengan berat hati dan sesuai dengan hasil rapat kami dengan Pudek III peserta yang 155 itu kami kurangi menjadi 50 orang dengan berbagai pertimbangan. Kami prioritaskan para pendaftar pertama dan semester VI ke atas yang telah mengambil mata kuliah metode penelitian.

Tiga hari menjelang pelaksanaan kegiatan terjadi kesulitan dana. Pihak keuangan fakultas belum mau mencairkan dana. Hingga kami harus menunggu Pudek III berkoordinasi kembali dengan Pudek II Bidang Administrasi Umum. Sejak awal kami selaku panitia pelaksana kegiatan mendapat informasi dari pihak DPMA bahwa anggaran kegiatan ini sejumlah 5 juta rupiah. Ternyata proses pencairan dana tidak lancar sesuai harapan kami. Ada saja hambatan dari pihak bagian keuangan.

Sehari sebelum kegiatan dana pun cair, namun dilakukan secara berangsur-angsur. Kami menerima dana awal 1 juta rupaiah untuk belanja berbagai keperluan. Uang tersebut kami gunakan untuk belanja seminar kit peserta berupa map plastik, pulpen, block note, dan foto copy jadual kegiatan. Untuk modul peserta belum kami siapkan karena pemateri belum memberikan softcopy materinya. Sedangkan untuk konsumsi berupa nasi ayam bakar kami pesan di Warung Gudeg di Jl. Kertamukti sejumlah 80 kotak.

Sehari sebelum hari pelaksanaan kami mengadakan rapat koordinasi bersama dengan panitia pelatihan lainnya dengan dibimbing langsung oleh Pudek III. Rapat tersebut memutuskan bahwa hari Senin, 12 Juli 2010 pukul 08.00 wib akan dilaksanakan pembukaan acara semua pelatihan. Rencanaya pak dekan yang akan membuka acara. Namun terjadi perubahan tempat acara pelatihan penulisan skripsi. Awalnya kami berencana menggunakan ruang teater lantai 2, namun sesuai informasi dari bagian umum pada hari tersebut telah dijadualkan untuk digunakan acara BEMJ ZISWAF sehingga kami harus pindah ke ruang teater lantai 2.

Pada hari pertama pelatihan berlangsung 2 (dua) sesi. Sesi pertama diisi oleh Dr. Syahrul A’dham, M.Ag dengan tema “Pengertian dan Bentuk: Karya Ilmiah serta Teknik Penelitian dan Perumusan Masalah: Contoh dan Problematikanya”. Materi tersebut sangat menarik bagi peserta. Pemateri menyampaikan materi secara sisitematis dengan menggunakan power point. Saat dimulai tanya jawab banyak peserta yang ingin bertanya, namun dibatasi oleh moderator saudara Hidayatulloh saat itu dikarenakan waktu yang sedikit. Terpilih saudara Asril, Muslih, Arif Soleh, dan Ridho Mufti sebagai penanya waktu itu. Seluruh pertanyaan dan hasil sesi pertama dicatat oleh notulen saudari Rafika.

Pada sesi kedua mulai pukul 13.00-15.00 wib. Pematerinya adalah Dr. Phil. JM Muslimin, MA yang member materi dengan tema “Pengumpulan Data dan Penafsirannya: Pendekatan Kualitatif dan Penjabaran Buku Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum. Saat memberikan materi beliau memilih cara yang lebih komunikatif yakni dengan cara berdiri dan mencoba berkeliling di ruangan agar lebih dekat dengan peserta. Pemateri menyampaikan materi secara sistematis dengan bantuan power point. Kemudian beliau memberikan tugas untuk setiap peserta untuk membaca dan memperhatikan metode penulisan skripsi yang dibagikan oleh panitia sebagai contoh. Banyak peserta yang puas karena pemateri tidak hanya menyampaikan teori tetapi juga memberi contoh langsung sebuah skripsi yang telah jadi untuk di lihat dan dipelajari peserta. Sesi kedua ini dimoderatori oleh saudara Muhammad Ashshubli dan notulen oleh saudari Anggi.

Sesi ketiga berlangsung pada hari Selasa, 13 Juli 2010 pukul 09.00-11.00 wib. Pematerinya adalah Dr. Jaenal Aripin, M.Ag dengan tema Praktik Penulisan Skripsi. Beliau menyampaikan materi dengan menggunakan power point. Materi kali ini fokus pada praktik penulisan yang baik dan benar. Moderator saat itu saudara Dwima Rizky dan notulen saudara Ridho.

Selesai sesi ketiga berarti selesai sudah acara pelatiha skripsi. Panitia belum siap membagikan sertifikat dan modul kepada peserta dikarenakan kendala teknis. Namun panitia berjanji pada hari Rabu, 14 Juli 2010 semua itu akan dibagikan. Maka panitia kemudian menghimbau peserta saat itu untuk mengikuti pelatihan berikutnya yaitu penelitian dan jurnalistik sampai hari sabtu.

Demikian laporan kegiatan kami sampaikan. Adapun laporan keuangan kami lampirkan tersendiri. Terima kasih kepada para pihak yang telah membantu suksesnya acara ini, terutama Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. H. Muhammad Amin Suma, SH, MA, MM, Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Phil. JM Muslimin, MA, Pembantu Dekan II Bidang Administrasi Umum Dr. Jaenal Aripin, M.Ag, Ketua DPMA Dr. Syahrul Adham, M.Ag, Kepala Bagian Keuangan Pak Nur, Kepala Bagian Umum Pak Saini, dan seluruh pihak yang tidak kami sebutkan disini. Semoga upaya kami ini sesuai dengan harapan Fakultas Syariah dan Hukum untuk menjadi unggul, handal, dan terdepan. Amin.

Ciputat, 19 Juli 2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar