Pages

Kamis, 23 Februari 2012

Tidak Perlu Bingung Memilih Jurusan



Kamu mau kuliah ya? Ya pastinya kan. Hari ini kuliah sudah bukan sesuatu yang aneh di kalangan anak muda. Apalagi orang tua sangat mendukung putra putrinya yang punya hasrat memasuki dunia perkuliahan. Demi masa depan sang anak, orang tua rela bekerja keras untuk membiayai buah hatinya melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Memilih tempat kuliah sudah tidak terlalu sulit. Di setiap provinsi di seluruh Indonesia sudah ada perguruan tinggi yang unggul, baik negeri maupun swasta. Nah, perlu Kamu ketahui. Setiap perguruan tinggi memiliki jurusan unggulan dan favorit. Kamu tidak usah terpukau dengan nama besar sebuah perguruan tinggi, silakan cari informasi terlebih dahulu, apakah jurusan A di perguruan tinggi X itu masuk kategori jurusan unggulan dan/atau favorit disana.
  

Sebelum menentukan sasaran perguruan tinggi mana yang menjadi target Kamu menimba ilmu, memilih jurusan harus jadi prioritas. Ini terkadang menjadi masalah tersendiri bagi calon mahasiswa. Hal ini terjadi ketika mereka belum mengetahui minat dan bakatnya sejak dini. Alhasil, tak sedikit yang merasa telah salah memilih jurusan ketika duduk di bangku perkuliahan. Sebelum hal itu terjadi pada Kamu, lima hal di bawah ini bisa dipertanyakan kepada diri sendiri sebelum mengambil keputusan. Apa saja?

1. Apa yang Kamu suka?
Ketahui dan kenali apa yang Kamu sukai. Jangan memilih jurusan hanya karena mengikuti pilihan orang lain atau agar tetap bersama teman dekat. Dalam mengambil keputusan, bicaralah pada hati kecil, dan pilih yang akan membuat bersemangat!

2. Apakah Kamu baik dalam suatu bidang? 
Kamu harus mengetahui keunggulanmu dalam suatu bidang tertentu. Hal itu bisa diukur dengan melihat bagaimana respons orang-orang sekitar dengan apa yang Kamu hasilnya. Misalnya, apakah Kamu selalu mendapat pujian dari suatu pertunjukan atau karya seni? Jika Kamu memiliki kecendrungan alami ke arah minat dan ketrampilan tersebut, Kamu dapat mempertimbangkannya sebagai pilihan untuk menentukan jurusan. 

3. Apa profesi yang ingin Kamu jalani?
Apakah Kamu ingin menjadi dokter, guru atau pengacara? Jangan membatasi dirimu dalam melakukan hal-hal dalam bidang tersebut. Jika Kamu ingin menjadi dokter, tapi memiliki ketertarikan pada sastra maka lihatlah dahulu jurusan tersebut sebelum menentukan pilihan.

4. Keterampilan apa yang ingin Kamu pelajari?
 
Kamu harus mengetahui dengan jelas, apa keterampilan yang perlu lebih didalami saat memilih sebuah profesi atau bidang. Misalnya, Kamu menyukai bahasa Inggris dan memiliki impian akan menghabiskan waktumu di bidang itu, maka cari tahulah keterampilan apa yang harus Kamu kuasai jika ingin sukses menjalaninya. Atau, jika Kamu ingin mempunyai perusahaan, sejak awal Kamu harus mempelajari seluk beluk tentang bisnis, etika, pemasaran, humas, dan pelayanan. Pilih dengan cermat jurusan yang akan membuatmu tertarik di dalamnya.

5. Faktor-faktor apa yang harus dipertimbangkan?
Banyak siswa yang memilih jurusan karena terpengaruh keluarga, keuangan, atau budaya. Sambil menjelajahi jurusan yang Kamu pilih, ingatlah bahwa faktor kekuatan eksternal akan memengaruhi kehidupan di kampus Kamu dari berbagai sisi. Menemukan jurusan yang dapat memberikan keseimbangan untuk impian internalmu dan dukungan dari luar akan membuat situasi yang lebih mudah dikendalikan.

Selamat memilih! 



Tulisan ini saya persembahkan untuk kawan-kawan yang akan masuk perguruan tinggi tahun ini, terutama untuk Faridatun Ni'mah. Semoga Allah memberikan jalan terbaik untuk masa depannya.
(Pare, 23 Februari 2012)
Hidayatulloh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar