Pages

Selasa, 20 Maret 2012

AYO RAIH BEASISWA UNGGULAN!


Meraih beasiswa adalah sebuah kebahagian tersendiri, terutama bagi para pelajar/mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke tingkat lebih tinggi. Mendapatkan anugerah ini bukan hanya karena kita menderita penyakit kemiskinan sehingga harus dibantu pihak lain dalam melanjutkan studi, tetapi disebabkan kita memiliki prestasi, potensi, dan peluang untuk berkarya bagi masyarakat, lingkungan, bangsa, dan negara.

Jangan pernah berfikir untuk mencari, tetapi silakan bekerja keras dalam meraih beasiswa. Hendaklah kita harus sadari, “No Pain, No Gain”. Kita harus siap bersakit-sakit dahulu, dalam arti mengerahkan segala daya upaya. Beasiswa tidak akan pernah datang menghampiri kita. Sebaliknya kita yang wajib mendekati lalu meraih kesempatan emas itu.   

Beasiswa bukanlah barang langka dalam hidup kita. Ia tersebar dan ada dimana-mana. Tetapi berfikirlah, apakah kita benar-benar layak meraih beasiswa. Apakah kita memiliki kompetensi yang unggul di dalam suatu bidang tertentu? Mari berfikir bersama.

Salah satu beasiswa dalam negeri yang disediakan oleh pemerintah adalah Beasiswa Unggulan. Apakah kamu sudah tahu? Informasi ini akan bermanfaat buat kamu yang layak meraihnya. Beasiswa Unggulan merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia atau pihak lain berdasarkan atas kesepakatan kerjasama kepada putera – puteri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih.(Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2009)

SASARAN PROGRAM BEASISWA UNGGULAN
Beasiswa Unggulan diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi sebagai Peraih medali Olimpiade Sains/ Teknologi tingkat Nasional/ Internasional; Pemenang lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Tingkat Nasional; pemenang Lomba tingkat Nasional/Internasional, bidang Sains, Teknologi, Seni Budaya, Olahraga, dll; lulusan terbaik SMA/ MA/SMK/Ponpes/Perguruan Tinggi yang diusulkan oleh Pemda (Propinsi/ Kabupaten/ Kota), Masyarakat (LSM), dan Insdustri; lulusan Cumlaude dari Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi/ Akademi; Penulis, Pencipta, Peneliti, Seniman, Olahragawan, dan Tokoh (P3SWOT) berprestasi; Staf Pemda dan Staf Diknas dari unit- unit utama serta jajarannya; Bukan Dosen (untuk reguler S1, S2, dan S3).

BENTUK BEASISWA UNGGULAN
Beasiswa diberikan dalam bentuk biaya hidup sebagai berikut:
1.      Biaya Hidup;
2.      Biaya Pendidikan;
3.      Biaya Buku;
4.      Biaya Penelitian;
5.      Biaya Publikasi Ilmiah;
6.      Tunjangan Prestasi;
7.      Tunjangan Kreativitas;
8.      Bantuan Beasiswa P3SWOT;
9.      Biaya Transportasi/ Tiket Pesawat;
10.  Biaya Asuransi Kesehatan;
11.  Biaya Kedatangan dan Kepulangan;
12.  Biaya Tunjangan Awal/ Akhir Program;
13.  Biaya Matrikulasi;
14.  Biaya Operasional; atau
15.  Biaya lainnya.

JENIS BEASISWA
1.      Beasiswa Jenjang DIV/ S1, S2, & S3
2.      P3SWOT
3.      Kreativitas Para Juara
4.      Studi Lanjut Para Juara & Atlet Berprestasi
5.      Beasiswa Mahasiswa Asing
6.      BU – CIMB Niaga
7.      Beasiswa Nusantara BU - BRI
8.      Bantuan Kemitraan Alumni

PERSYARATAN PROGRAM BEASISWA UNGGULAN
1.      Sudah diterima di Perguruan Tinggi dengan melampirkan Letter of Acceptance
2.      Surat Pernyataan sanggup mengikuti peraturan pada Program Beasiswa Unggulan
3. Mengisi data diri secara lengkap pada website Program Beasiswa Unggulan: http://www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id
4.      Melampirkan proposal rencana usulan, tugas akhir/ Skripsi/ Tesis/ Disertasi.
5.      Syarat IPK & TOEFL untuk mengikuti seleksi: SMA dengan nilai UAN > 7.25, S1 dengan IPK > 3.00, S2 dengan IPK > 3.25, dan S3 dengan IPK > 3.25. Sedangkan skor TOEFL 450 untuk S1, 500 untuk S2, dan 550 untuk S3.
Isi pada form online dengan melampirkan scan Ijazah & Transkrip Nilai (untuk IPK & UAN) serta scan sertifikat TOEFL yang sudah dilegalisir. Bagi calon pelamar tidak memiliki sertifikat TOEFL, dapat melampirkan sertifikat TOEIC, TOEFL IBT, IELTS, dll.
6.      Melampirkan Sertifikat penghargaan/ prestasi.
7.      Usia Pendaftar diprioritaskan:
a.       DIV/ S1 tidak lebih dari 21 tahun
b.      S2 tidak lebih dari 35 tahun
c.       S3 tidak lebih dari 45 tahun
8.      Melampirkan surat rekomendasi dari Instansi asal untuk mengikuti program Beasiswa Unggulan.
9.      Membuat publikasi pada media masa nasional/Internasional (ISR).

INFORMASI SELANJUTNYA
Pasti kalian belum puas dengan informasi ini. Silakan cari informasi lebih lanjut ke Sekretariat Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional Gedung C Lantai 6 Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270. Telp: 021 5711144 (Ext. 2616) Fax: 021 57329290. Email: bu.bpkln@gmail.com dan website www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id

Oleh: Hidayatulloh.
Alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah dan Darussunnah International Institute for Hadith Sciences di Jakarta. Peraih beasiswa S1 dari Yayasan Supersemar dan aktif sebagai anggota pengurus pusat Keluarga Mahasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (KMA-PBS)  dan ketua pengurus harian di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar